Followers

Monday 22 October 2012

INFORMASI & IKLAN

INFORMASI

Pengertian "informasi" adalah penerangan , pemberitahuan khabar atau berita sesuatu. Erti informasi juga boleh berupa keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bahagian-bahagian amanat itu.  Jika digunakan dalam suatu informasi boleh berubah bentuk menjadi antara lain sebagai berikut;


  • menginformasikan; memberikan informasi, menerangkan, memberitahukan
  • informatif; bersifat memberi informasi dan bersifat menerangkan
Informatif berasal dari kata information yang diserap dari bahasa Inggeris.Kamus oxford memberikan definisi informasi sebagai fakta yang diceritakan, didengar atau ditemukan tentang sesuatu atau seseorang. Informasi juga bererti pengetahuan.


in.for.ma.tif
[a] bersifat memberi informasi; bersifat mene-rangkan: penerangan harus bersifat edukatif, stimulatif, -- , dan persuasif

-- Deskripsi diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia --

Definisi Iklan


Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seseorang pembeli potensial dan mempromosikan penjual suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat publik, memenangi kandukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan.

Sedangkan menurut Paul Copley, advertising is by and large seen as an art – the art of persuasion – and can be defined as any paid for communication designed to inform and/ or persuade. Dimana iklan adalah sebuah seni dari persuasidan dapat didefinisikan sebagai desainkomunikasi yang dibiayai untuk meninformasikan dan atau membujuk.

 
Dari beberapa pengertian di atas, pada dasarnya iklan merupakan sarana komunikasi yang digunakan komunikator dalam halini perusahaan atau produser untuk menyampaikan informasi tentang barang atau jasa kepada publik, khususnya pelanggannya melalui suatu media massa. Selain itu, semua iklan dibuat dengan tujuan yang sama yaitu untuk memberi informasi dan membujuk para konsumen untuk mencoba atau mengikuti apa yang ada di iklan tersebut, dapat berupaa ktivitas mengkonsumsi produk dan jasa yang ditawarkan. 

Jenis-jenis Iklan

Iklan Informatif (Informative Advertising)

Iklan ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
·         Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada
·         Menginformasikan perubahan harga dan kemasan produk
·          Menjelaskan cara kerja produk
·          Mengurangi ketakutan konsumen
·         Mengoreksi produk
Iklan Persuasif (Persuasive Advertising)
Iklan ini mempunyai cirri-ciri sebagai berikut:

·         Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan menggunakan barang dan jasa.
·         Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.
·         Menganjurkan untuk membeli.
·         Mengubah persepsi konsumen.
·         Membujuk untuk membeli sekarang.
Iklan Reminder (Reminder Advertising)
Iklan ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

·         Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang dan jasa.
·         Mengingatkan bahwa suatu produk memiliki kemungkinan akan sangat dibutuhkan dalam waktu dekat.
·         Mengingatkan pembeli dimana membeli produk tersebut.
·         Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind).
·         Menjalin hubungan baik dengan konsumen.


Pada pendapat saya informasi ialah menyampaikan, menerangkan, menghebahkan atau mewar-warkan maklumat kepada audiens tentang sesuatu maklumat atau hal yang telah atau belum berlaku.. Sesuatu informasi bukan bukan setakat berbentuk iklan atau memujuk tapi lebih kepada maklumat yang disampaikan kepada mereka yang memerlukan. Maka informasi adalah sangat penting dan tanpa informasi atau maklumat kita ibarat 'katak yang hidup di bawah tempurung kelapa'.

Iklan Jawatan Kosong, Pengambilan Pelajar memasuki Universiti,kolej-kolej dan pemberitahuan akan mengadakan kelas dan sebagainya juga berunsurkan informatif walaupun dari segi kasarnya ianya termasuk dalam iklan. Informatif ini lebih banyak membawa kepada kebaikan dan sangat berguna kepada sesetengah individu, dan masyarakat walaupun ianya di anggap remeh oleh sesetengah orang kerana merasakan ianya sesuatu iklan. Namun iklan ini bukanlah iklan yang berebntuk 'persuaded' atau memujuk orang tapi ianya lebih kepada pemberitahuan atau makluman atau informasi kepada mereka yang memerlukan.

No comments: